Mengapa Kucing menjadi teman Manusia

Kucing adalah binatang peliharaan yang umum dapat kita jumpai di setiap sudut lingkungan perumahan bahkan berdiam didalam rumah. Kucing adalah binatang yang ada di sekitar kita bahkan tinggal di rumah kita manakala kucing mengeong menghadap kita berarti dia melakukan komunikasi, yang terbiasa sehari-hari bergaul dengan kucing maka mengeongnya kucing kita paham apa yang diinginkan, misalkan minta makan, minum, mengajak bermain.

Dari beberapa survei ternyata pecinta kucing mulai dari anak kecil sampai para sepuh, artinya kucing adalah binatang yang sangat bersahabat dengan manusia. Dengan mencintai dan menyayangi kucing kita memiliki rasa lemah lembut terhadap makhluk mengusap bulunya dan memberi makan kepada kucing menjadikan kita sangat dekat, sebaliknya mereka yang jahat terhadap kucing apalagi sampai menendangnya maka hatinya dipastikan jauh dari sifat lemah lembut. Mereka yang hidup sendiri tidak bersama sanak saudara mereka lebih nyaman ditemanin kucing di rumah.

Dari Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai” (HR. Bukhari).

Kucing merupakan binatang yang air liurnya tidak najis, bahkan kucing lebih senang berada di tempat bersih seperti tempat tidur kita, diatas kursi, diatas meja. Menurut berbagai penelitian bulu kucing dan air liur kucing bahkan tidak mengandung kuman.

Kabsyah berkata, “Perhatikanlah.” Abu Qatadah berkata, “Apakah kamu heran?” Ia menjawab, “Ya.” Lalu, Abu Qatadah berkata bahwa Nabi SAW pernah bersabda, “Kucing itu tidak najis. Ia binatang yang suka berkeliling di rumah (binatang rumahan),” (H.R At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s